Sistem Informasi Manajemen

February 22, 2021 0 Comments

Nama :Hilda Khafizhatul Khusna

NIM : 1803036065

Universitas : UIN Walisongo Semarang

1. Pengertian Sistem infoermasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu system (terintegrasi) dengan maksud meemberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan.

2. Fungsi dan Manfaat Sistem Informasi Manajemen

a. Fungsi SIM adalah untuk :

Memudahkan bagian manajemen melakukan perencanaan, pengawasan, serta pengarahan kerja bagi semua departemen yang dikoordinirnya.

Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengolahan data, karena data yang ada sistem informasi suatu manajemen merupakan data telah tersaji secara akurat dan real time (tepat waktu).

Miminimalisir biaya dan meningkatkan produktifitas suatu perusahaan atau organisasi.

Sarana peningkatan SDM, kerena dalam pelaksanaannya diperlukan unit kerja yang sistematis serta terkoordinir berbasis teknologi.

b. Manfaat SIM adalah untuk :

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas data secara akurat dan realtime.

Memudahkan pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja kepada semua departemen yang memiliki hubungan atau koordinasi.

3. Contoh Sistem informasi Manajemen

IMS (Informatic Management System)

Sistem ini membantu memudahkan tugas penggunanya mulai dari pencarian informasi umum sampai pada tahap analisis pembuatan keputusan. Pengguna IMS juga dapat mengintegrasikan beberapa program komputer dengan serangkaian informasi yang ada.

DSS (Decision Support System)

DSS menyajikan pilihan-pilihan keputusan yang dapat diambil oleh manajer berdasarkan pertimbangan data yang ada dalam perusahaan atau organisasi.

TPS (Transaction Processing System)

TPS dapat mengintegrasikan secara efektif semua transaksi bisnis yang rutin dilakukan perusahaan contohnya untuk pendataan inventaris kantor dan honor karyawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *